Minggu, 21 Februari 2010


Akupuntur adalah teknik pengobatan yang digunakan dalam pengobatan tradisional Cina. Jarum-jarum yang sangat tajam digunakan untuk menstimulasi titik-titik tertentu pada tubuh. Titik-titik ini terdapat pada jalur-jalur energi yang disebut “meridian”. Pengobatan akupuntur dirancang untuk memperbaiki aliran dan keseimbangan energi sepanjang meridian-meridian ini.
Pengobatan tradisional Cina memiliki sejarah lebih dari 2,500 tahun. Pengobatan tradisional ini melihat tubuh manusia sebagai suatu sistim aliran energi. Ketika aliran-aliran energi ini seimbang, maka tubuh tersebut sehat. Para praktisi memeriksa denyut nadi pasien dan mengamati keadaan lidah mereka untuk mendiagnosa ketidakimbangan energi. Dalam pengobatan Cina, denyut nadi dapat diperiksa pada tiga lokasi di masing-masing pergelangan tangan, dan pada tiga kedalaman pada masing-masing lokasi.
Kedokteran timur menggunakan refleksiologi untuk mengetahui kondisi kesehatan. Pada telapak kaki terdapat 60 lebih titik-titik akupunktur yang melalui meridian chanel aliran tenaga dalam (chi) mengalir keseluruh tubuh. Jika terjadi hambatan pada saluran itu maka badan akan lemah dan sakit.
Titik-titik refleksi tersebut dapat menimbulkan efek penyembuhan dan pencegahan terhadap suatu penyakit melalui perangsangan atau penekanan. Satu daerah refleksi sendiri diyakini memiliki indikasi terhadap lebih dari satu penyakit.
Menurut praktisi pengobatan tradisional yang juga akupunkturis, H.M. Hembing Wijayakusuma, refleksi diambil dari kata refleks, yang artinya gerak tidak disengaja atau gerak yang otomatis.
Sedangkan terapi, bermakna pengobatan atau usaha untuk memulihkan kesehatan orang yang sedang sakit. Jadi, makna terapi refleksi secara harfiah adalah pengobatan secara spontan atau tak sengaja.
Sebenarnya zona refleksi ini terdapat di seluruh tubuh, tapi lazimnya terdapat di kaki dan tangan, terutama pada telapaknya. Zona atau daerah refleksi ini merupakan titik pusat urat saraf, di mana titik-titik tersebut berkaitan erat dengan organ-organ tubuh tertentu. Apabila daerah tersebut dipijat, sirkulasi darah pada organ yang bersangkutan menjadi lancar. Jika sirkulasi darah lancar, tubuh akan lebih sehat.
cara tradisional ini juga dilaksanakn di rindam iskandar muda dengan cara yang murah dan tidak memakan biaya dengan dilaksanakannya kegitan jalan kaki tanpa alas kaki yang dilaksanakan setiap hari jum’at sebelum melaksanakan kegiatan olahraga bersama. kegiatan ini dilakukan demi menjaga fisik dan kesehatan anggota rindam agar dapat melaksanakan tugas pokoknya. manfaat kesehatan yang dapat diambil dari kegiatan ini (akupuntur versi rindam iskandar muda) sama seperti halnya manfaat dari akupuntur pada daerah telapak kaki itu sendiri yaitu:
*
Membantu meringankan rasa sakit pada rematik, arthritis, bengkak, nyeri lutut, nyeri tulang belakang, nyeri pinggang.
*
Melancarkan peredaran darah.
*
Mengurangi/menghilangkan rasa sakit dan nyeri.
*
Mengaktifkan meridian refleksi (titik-titik akupunktur).
*
Memperbaiki metabolisme tubuh.
*
Meningkatkan dan memperbaiki regenerasi sel-sel tubuh.
*
Membantu meringankan penyakit ginjal dan jantung.
*
Menetralkan dan membuang atau menyerap zat-zat racun dalam tubuh melalui pori-pori kulit dan titik-titik akupunktur.
*
Mengaktifkan sel-sel (revitalisasi) dan meningkatkan daya tahan tubuh.
*
Membantu memperbaiki kualitas tidur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar